RAMADHAN DI TURKI


Seperti yang terjadi di Tanah Air, di jalanan –terutama- di kota Istanbul, banyak dijumpai spanduk dan baliho-baliho besar berisikan ucapan selamat berpuasa atau ungkapan marhaban, ahlan wa sahlan dan juga Ramadhan kareem. Begitu juga program acara di televisi, selalu ada program khusus religi menemani santap sahur dan saat berbuka, baik berupa ceramah keagamaan, kisah sejarah rasul, maupun hiburan yang berkaitan dengan puasa.
Di negeri yang mayoritas muslim dan bermazhab Hanafi ini, adzan Shubuh di luar bulan ramadhan sengaja dikumandangkan agak terlambat sekitar empat puluh sampai empat puluh lima menit, namun pada bulan Ramadhan adzan lima waktu dikumandangkan tepat sesuai jadwal.


Setiap ramadhan tiba, hampir dipastikan seluruh masyarakat jarang buka puasa di rumah masing-masing. Karena setiap datang Ramadhan, kebiasan yang telah menjadi adat di turki adalah kebiasaan mengundang buka puasa, baik antar kerabat, teman bahkan sesama warga asing. Tidak sepenuhnya kami menghadiri undangan buka puasa di tempat warga local tentunya, kami juga menyempatkan beberapa kali mengundang mereka makan bersama di rumah mahasiswa. Biasanya mereka sangat senang, dan selalu menanyakan kue Pide, jika kita tidak menyediakan kue Pide, maka mereka sendiri lah yang akan membawanya. Pide adalah roti yang lebar seukuran nampan, namun sedikit lonjong.

Selain kebiasaan mengundang makan berbuka, Pemerintah Kota di Turki juga memiliki program buka puasa yang dikelola oleh pemerintah lokal untuk siapa saja yang ingin berbuka secara gratis. Biasanya selalu disediakan di halaman-halaman masjid, taman atau jalanan yang sering di lalulalang oleh masyarakat. Biasanya program ini keliling dari satu ke tempat lainnya, dengan menu yang super mewah. Ada juga NGO, petugas yang keliling Turki menyediakan makanan buka puasa, dengan fasilitas mobil kontener besar yang di setting menjadi dapur umum, keliling dari satu profinsi ke profinsi lainnya.

Pesona Ramadhan pun semakin hidup ketika jelang sholat tarawih dengan temaram lampu masjid dan taman yang indah. Hal yang sering mengundang decak kagum adalah di beberapa masjid besar, seperti Blue Mosque, Sulaymaniye, dan Masjid Ayyub Al-Anshari. Ribuan jamaah memadati masjid-masjid indah itu. Suara imam yang merdu menambah suasana malam di Turki semakin mempesona.
Ada satu kultur unik lainnya yang membuat saya kaget bercampur senyum, adalah anak-anak kecil di sini bebas memijit bel apartemen siapa saja, sekedar untuk memberikan ucapan selamat lebaran, lalu biasanya yang punya rumah memberikan coklat atau uang. Begitu pun jika ada anak-anak mengucapkan selamat lebaran, maksud lainnya mereka ingin coklat, uang atau hadiah lebaran. Makanya hal ini pernah menjadi becandaan kami para mahasiswa, jika uang dan coklat sudah mulai habis, maka untuk pergi kejalan kami pura-pura menggunakan Walkman, atau menghindar kelompok anak-anak, malu tidak bisa memberikan hadiah bagi mereka.
 sampai jumpa di episode Ramadhan lainnya!
                                                          *sumber Cordova-Turkey


Tidak ada komentar:

Posting Komentar