MESIN EDC

MESIN EDC atau (Electronic data capture) adalah sebuah mesin yang sering kita jumpai dan biasanya tersedia ditempat loket pembayaran atau kasir yang disediakan oleh outlet outlet,supermarket,mall,hotel  dan lain sebagainya,untuk penggunaannya mesin ini memerlukan sebuah line telepon dan ada juga yang menggunakan kartu/sim card  yang dikeluarkan oleh pihak provider seperti TELKOMSEL,INDOSAT dan juga XL mesin ini biasanya digunakan untuk melakukan suatu transaksi dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit dimana mesin ini di keluarkan oleh pihak bank untuk para merchant yang telah melakukan kerjasama,hampir seluruh toko atau outlet outlet kecil sudah menyediakan mesin ini karena hampir seluruh masyarakat sekarang sudah memiliki kartu debit atau pun kartu kredit yang sudah menjadi gaya hidup di jaman sekarang ini.

Mesin ini bisa digunakan untuk jaringan Prima Debit yaitu jaringan kerjasama antara BCA dengan bank-bank lain sehingga dapat menggunakan fasilitas di Mesin EDC BCA walaupun di mesin tersebut hanya memiliki fasilitas Debit saja ( tidak ada fasilitas untuk penggunaan kartu kredit ),Jaringan Prima Debit berbeda dengan Jaringan Prima. Jaringan Prima itu adalah jaringan kerjasama antara BCA dengan bank lain dalam pemakaian fasilitas di ATM, sedangkan Jaringan Prima Debit dipakai difasilitas Mesin EDC BCA. Logo Prima itu yang berwana biru, sedangkan Jaringan Prima Debit yang berwarna hijau.

Untuk membedakan yaitu dengan cara melihat sisi dibelakang kartu ATM bank yang mengeluarkan kartu ATM tersebut bila ada logo kotak kecil di posisi bawah, bila berwarna biru maka itu menggunakan Jaringan Prima. Bila warnanya hijau maka itu bisa menggunakan Jaringan Prima Debit. Biasanya logo-logo tersebut ada yang berbarengan dengan logo-logo fasilitas lain, misalnya ATM Bersama, Alto, Cirrus, dan lain-lain.

Keuntungan dari jaringan ini adalah :
1. Merchant Discount Rate (MDR) = Debit Discount Rate (DDR) = 0% (tidak dikenakan biaya transaksi)
2. Transaksi berbasis PIN ( Nomor Identitas Pribadi) untuk kemudahan verifikasi kartu dan aman
3. Cara penggunaan yang mudah dan sama seperti Debit BCA
4. Mesin EDC BCA mempunyai kemampuan mendeteksi transaksi, oleh karena itu untuk selanjutnya Transaksi Prima Debitdapat dipastikan dengan menggesekkan kartu ATM bank lain dan melihat jenis transaksinya, bila tertera switching maka transaksi tersebut adalah Prima Debit.

Biasanya mesin ini menggunakan system sewa perbulan  yang tiap bulannya akan dipotong otomatis dari rekening merchant,besarnya harga sewa ditentukan oleh type mesin untuk yang type mesin fix line/line telpon  dikenakan kurang lebih sekitar 100 ribu setiap bulannya sedangkan untuk yang type wirlees/GPRS dikenakan biaya sewa yang sedikit lebih mahal kurang lebih sekitar 125 ribu perbulannya.Fasilitas lain dari mesin ini adalah bisa digunakannya untuk tarik tunai di merchant yang berlogokan TARIK TUNAI biasanya customer diharuskan berbelanja barang senilai yang telah ditetapkan merchant,fasilitas lainnya bisa digunakan berbelanja dengan memakai reward.

Cara penggunaannya pun tidak begitu sulit karena di dalam menu sudah menggunakan bahasa inggris yang mudah di mengerti dan juga sewaktu pemasangan pihak tehnisi memberikan training atau menjelaskan bagaimana cara penggunaannya,kunjungan rutin setiap beberapa bulannya  juga di lakukan oleh pihak tehnisi untuk pengecekan/maintenance ,dengan banyaknya objek wisata di Indonesia membuat banyak tamu mancanegara berkunjung ke Indonesia sehingga berbagai macam jenis kartu debit atau kredit yang dikeluarkan oleh bank bank mancanegara  banyak kita jumpai seperti VISA, MASTERCARD, JCB,AMEX dan lain sebagainya .

6 komentar:

  1. kalau perorangan ingin memiliki mesin EDC ini bagaimana syaratnya?

    BalasHapus
  2. PERSYARATANNYA MUDAH:

    1.Rekening BCA (Giro/Tapres/Tahapan/Tahapan Gold)
    2.Fotocopy KTP
    3.SIUP/SITU/HO/IZIN USAHA
    4.Tanda Daftar Perusahaan

    Buruan pasangnya BCA lagi promo lho

    1.Free pendaftaran
    2.Free pemasangan
    3.Tidak ada target

    BalasHapus
  3. Kalau transaksi debit, apk dana langsung masuk rekening pemilik edc pada waktu yg sama / real time ?

    BalasHapus
  4. Pembayaran terjadi setelah melakukan settlement pada EDC,proses settlement dapat dilakukan secara manual di EDC dengan menekan tombol settle kemudian masukkan password 3636 enter , pada H+1 pihak bank akan segera mentransfer semua transaksi yang ada di EDC ke rekening anda

    BalasHapus
  5. bro gua ikut saran ente buat hapus reversal tp gk isa2 ya...dah masuk fungsi 99 trus 99+3 digit trkhir nomer mesin + angka 1, 2 dan strusnya gk bisa2 ya...nomer mesin edc itu yang nomor terminalnya kan

    BalasHapus
  6. KLO CARANYA REPRINT REPORT STLAH SETTLEMENT GMN YAA CARANYA??
    THX

    BalasHapus